Candi Plaosan : Tandingan bagi Candi Prambanan

Candi Kembar Plaosan
 SecretParadiseIndo.blogspot.com – Candi Plaosan merupakan sebuah candi yang berdiri tidak jauh dari Candi Prambanan. Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, kira-kira 1,5 km ke arah timur dari Candi Sewu. Kawasan Candi ini terbagi menjadi 2, Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan). Untuk dapat berkunjung ke candi ini sobat bisa lewat jalur Jogja-Solo, jika dari Candi Prambanan masih ke Utara terus hingga sobat menemukan papan arah Candi Plaosan di kiri jalan. 
        Untuk tiket masuk sendiri sobat nggak usah khawatir karena bila dibandingkan dengan candi Prambanan, tiket masuk Candi Plaosan tergolong sangat murah. Kalau saya dulu sih 5.000 tapi masih di renovasi, belum tahu kalau tiket sekarang harganya berapa setelah renovasi selesai. Tapi kalaupun harganya naik juga sekitar skala ribuan pasti. 
  Candi Plaosan yang merupakan candi Buddha ini oleh para ahli diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M. Salah satu pakar yang mendukung pendapat itu adalah De Casparis yang berpegang pada isi Prasasti Cri Kahulunan (842 M). Dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan, dengan dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang Putri, yang memeluk agama Buddha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang memeluk agama Hindu.
Dua Candi Utama yang Kembar
         Candi yang saya kunjungi kemarin adalah Candi Plaosan Lor yang memiliki dua candi kembar sebagai candi utamanya. Candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Candi utama disini bisa dimasuki lho.. walaupun didalam rada gelap tapi lumayan luas kok. Dan candi ini sebenarnya di bangun dengan bertingkat atau lantai dua, tetapi karena lantai 2 hanya terbuat dari kayu sekarang sudah hilang entah kemana. Konon katanya (mitos) kalau sobat yang datang kesini sama pasangannya bakal bersatu selamanya (jodoh). Makanya kemarin saya ngajak dik pacar buat main kesini. hehehe.. Dulu pas main kesini ada anak-anak desa sekitar juga yang main petak umpet menambah keramaian kawasan wisata Candi Plaosan ini yang masih belum banyak wisatawan yang berkunjung. Ini anak-anak masuk kesini pada bayar apa nggak ya?
Candi Plaosan

Tag : Candi, Klaten
1 Komentar untuk "Candi Plaosan : Tandingan bagi Candi Prambanan"

candinya keren ,cocok buat kaum instragramable maupun untuk foto prewedd Rental mobil jogja

Back To Top